Senin, 04 Januari 2010

Kang Said luruskan "wasiat" Gus Dur


Banyaknya pihak yang mengaku mendapat wasiat dari mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang juga Dewan Syuro PKB, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), membuat Ketua PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siradj angkat bicara.

Menurut alumnus Ummul Qura Makkah itu, dalam Islam ada dua hal terkait pesan sebelum kematian seseorang, yaitu wasiat dan ishok. Wasiat, katanya, berkaitan dengan materi dan masalah publik, sedangkan ishok berarti pesan orang sebelum meninggal yang tidak berkaitan dengan materi.

“Misalnya, orang tua saya sebelum meninggal berkata agar tanahnya diwakafkan ke PBNU, itu namanya wasiat. Sedang ishok contohnya, sebelum meninggal ayah berkata, nanti kalau pulang dari Arab Saudi, kamu pulang ke Kempek (Cirebon) untuk mengajar Ilmu Nahwu ya. Jadi, wasiat dan ishok berbeda,” kata Said Aqil, Senin (4/12), malam usai memimpin tahlilan enam hari Gus Dur di Ciganjur.

Wasiat, katanya, wajib dijalankan, tetapi harus memenuhi syarat. “Wasiat harus dilakukan, tapi syaratnya, saat wasiat itu diungkapkan, harus ada 2 orang saksi laki-laki yang adil, baligh, dan bisa dipercaya. Kalau saksinya hanya 1 orang saja tidak bisa. Harus dua saksi laki-laki,” jelasnya.

Berbeda wasiat, ishok tidak wajib dijalankan, meskipun disaksikan orang banyak. “Ishok itu kalau dilakukan baik, kalau tidak ya gak papa. Biarpun yang menyaksikan orang satu lapangan, tetap tidak wajib dijalankan,” katanya.

Said Aqil yang juga salah seorang kader inti Gus Dur mengungkapkan, pernyataannya menurut sudut pandang fikih itu tidak berarti membela salah satu dari pihak-pihak yang menyebut mendapat wasiat dari Gus Dur. “Saya netral, tidak membela siapa-siapa. Saya hanya ngomong dari sudut hukum Islam,” katanya.

Seperti diwartakan sebelumnya, dua kubu PKB mengklaim mendapat wasiat untuk meneruskan perjuangan Gus Dur di PKB. Putri kandung almarhum Gus Dur, Yenny Wahid mengaku mendapatkan wasiat untuk tetap mempertahankan PKB. Hal yang sama juga dilontarkan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar yang juga mengklaim mendapatkan wasiat dari Gus Dur. Bahkan, kini mulai bermunculan elite PKB lain yang juga mengaku mendapat pesan dari Gus Dur. (www.nu.or.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG KAMI