Senin, 09 November 2009

Resensi : 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur'an


Sebaik-baik kamu sekalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya, “begitulah sabda Nabi Muhammad SAW kepada sahabatnya yang ditulis kembali oleh Imam Bukhari. Nasihat itu berlaku buat umat Islam sepanjang zaman sampai akhir bumi dipijak, kiamat.

Belajar Al-Qur’an dalam rangka perbaikan diri, sedangkan mengajarkannya dalam rangka dakwah guna memperbaiki lingkungan masyarakat. Tentu saja, untuk belajar Al-Qur’an , ada tahap-tahapannya. Setelah mempelajari cara membacanya, hukum-hukumnya, dilanjutkan dengan menghafal, memahami makna, dan mengamalkannya. Buku yang ditulis H. Sa’dulloh al-Hafidz (Juara MHQ Internasional asal sumedang) ini memberikan tips-tips agar seseorang bisa dan mampu menghafal Al-Qur’an secara cepat dan benar.

Sekilas, jumlah ayat dalam Alquran cukup banyak, dan tidak mudah untuk menghapalnya. Namun faktanya sepanjang zaman selalu saja ada orang-orang yang hapal Alquran (menjadi hafidz). Bahkan, mereka yang menghapal Alquran itu tidak hanya orang dewasa, akan tetapi anak-anak pun banyak yang hapal Alquran. Imam besar, Imam Syafi’I, hapal Alquran sejak usia sembilan tahun, bahkan ada yang mengatakan dia hapal Alquran sejak usia tujuh tahun. Beberapa tahun yang lalu di iran ada seorang anak berumur 5 Tahun sudah hafal al-Qur’an, 2 tahun kemudian tepatnya bulan Februari 1998, anak kecil ini yang bernama Sayyid Muhammad Husein Tabataba’i menerima ijazah Doktor Honoris Causa dalam bidang ”Science of The Retention of The Holy Quran”. Bahkan anak ini disebut-sebut sebagai mukjizat abad ke -20. Saat ini di Timur Tengah dan juga Indonesia, serta banyak Negara lainnya, banyak anak umur delapan, sembilan, atau 10 tahun yang sudah hapal beberapa juz, belasan juz, 20 juz bahkan 30 juz Alquran.

Sulitkah menghapal Alquran ?
Mungkin bisa dibilang ya, bisa juga dibilang tidak. Yang jelas, kalau Anda mempunyai keinginan kuat untuk menghapal Alquran, Anda sangat dianjurkan membaca buku ini. Buku yang ditulis oleh seorang hafizh dan sekaligus pembimbing tahfizh Alquran ini menguraikan sembilan cara mudah menghapal Alquran. Diantaranya, memahami makna ayat sebelum dihapal, mengulang-ulang membaca sebelum dihapal, mendengarkan bacaan orang yang lebih ahli, sering menulis ayat-ayat Alquran, dan memperhatikan ayat atau kalimat yang serupa. Penulis juga memberikan kita cara
menjaga hapalan Al Quran, baik yang belum hapal 30 juz maupun yang sudah hapal 30 juz.

Penulis mengakui, usaha untuk menghapal Alquran bukanlah hal yang mudah. Karena itu, dibutuhkan niat yang lurus dan ikhlas, konsentrasi penuh, serta keistiqamahan dalam menjalani prosesnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG KAMI