Selasa, 24 November 2009

Pelatihan yang mencerahkan


PT Telekomunikasi Indonesia bekerjasama dengan Harian Umum Republika menggelar program CSR Pendidikan bagi para guru. Kegiatan yang bertema ‘Bagimu Guru Kupersembahkan’ itu digelar di Pusdiklat Telkom Jln. Geger Kalong Hilir No.47 Bandung, Kamis-Jum’at (19-20 November 2009).Kegiatan ini diikuti 65 orang guru, baik tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) di wilayah Bandung dan sekitarnya.
Dan Alhamdulillah penulis termasuk peserta pada kegiatan ini, yang sebelumnya tidak pernah menyangka akan diikutsertakan. Setelah mengikuti pelatihan ini seperti mendapat pencerahan. Semua narasumber yang menyampaikan materi, seperti telah membuka mata-hati saya agar dalam menjalankan tugas sebagai guru, bisa menjadi lebih baik.
Hari pertama, dibuka oleh Gubernur Jawa Barat H.Ahmad Heryawan, sekaligus mengisi materi tentang motivasi. Beliau menegaskan, guru merupakan profesi yang sangat signifikan dalam menyelamatkan bangsa. Kata dia, motivasi kepada guru sangat dibutuhkan. Pasalnya, seorang guru tidak cukup hanya berperan sebagai penyampai mata pelajaran. Guru harus bisa mencetak siswa yang berkualitas, baik ilmu maupun moralnya
Pemateri kedua diisi oleh Irfan Junaedi , dengan materi penulisan popular. Pemaparan beliau pada sesi ini sangat menarik sekali, mungkin Karena kedalaman ilmu beliau dalam hal penulisan. Kata beliau setelah diklat ini usai , mulailah untuk menulis. Usahakan dalam satu hari kita punya sepenggal waktu untuk menuangkan pikiran dalam tulisan. Rasakan manfaatnya. Saya berkeyakinan kuat, jika kebiasaan membuat tulisan harian ini berjalan baik, kemampuan kita dalam menulis secara alami bakal melejit.
Doel Sumbang, mengisi bagian materi ketiga yaitu proses kreatif. Penyanyi terkenal ini menceritakan proses masa mudanya yang penuh tantangan untuk bisa seperti sekarang ini. Kang doel tak menyadari bahwa sampai tahun sekarang telah menciptakan lebih dari seribu judul lagu. Dan proses pembuatan lagu tercepat yang beliau selesaikan adalah lagu ‘kalau bulan bisa ngomong’ kurang dari 20 menit.
Pada hari kedua materinya antara lain Trend IT, Sistem Informasi Administrasi Pendidikan, Kepribadian Menarik dan Komunikasi efektif. Praktisi Leila Mona Ganiem mengisi materi kepribadian menarik memberikan pengetahuan tentang bagaimana seorang guru harus bersikap di depan murid-muridnya dan bagaimana cara proses belajar-mengajar yang efektif di dalam kelas.Sedangkan untuk materi komunikasi efektif disampaikan oleh Farhan. Pengasuh Om Farhan Antv ini, mengisi materi terakhir pelatihan ini. Dalam penyampaiannya penuh dengan cerita-cerita yang menghibur. Farhan mengatakan bahwa komunikasi akan efektif kalau didasari oleh keterbukaan dengan tanpa prasangka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG KAMI